Sabtu, 27 Februari 2010

Hanya iseng saja.
Saat saya dibungkam dengan pemanasan tubes dalam bentuk tugas-tugas dan berbagai kekuncupan hidup lainnya, saya nemu video ini (berdasar unggahan dari temen di facebook).

Intinya sih, video ini menampilkan semacam grup akapela yang menyebut dirinya The Klein Four. Untuk
lagu di video ini, judulnya Finite Simple Group (Of Order Two).
Dari yang saya lihat, karya-karya mereka mempunyai latar belakang matematika. Dalam video ini, mereka membawakan sebuah lagu tentang kisah cinta yang abstrak dengan istilah eksak di matematika. Berikut ini :



Kalau tidak muncul, langsung ke TKP  saja.

Kalau kemampuan bahasa inggris masih reading, berikut ini liriknya :


Finite Simple Group (of order two)
A Klein Four original by Matt Salomone


The path of love is never smooth
But mine's continuous for you
You're the upper bound in the chains of my heart
You're my Axiom of Choice, you know it's true


But lately our relation's not so well-defined
And I just can't function without you
I'll prove my proposition and I'm sure you'll find
We're a finite simple group of order two


I'm losing my identity
I'm getting tensor every day
And without loss of generality
I will assume that you feel the same way


Since every time I see you, you just quotient out
The faithful image that I map into
But when we're one-to-one you'll see what I'm about
'Cause we're a finite simple group of order two


Our equivalence was stable,
A principal love bundle sitting deep inside
But then you drove a wedge between our two-forms
Now everything is so complexified


When we first met, we simply connected
My heart was open but too dense
Our system was already directed
To have a finite limit, in some sense


I'm living in the kernel of a rank-one map
From my domain, its image looks so blue,
'Cause all I see are zeroes, it's a cruel trap
But we're a finite simple group of order two


I'm not the smoothest operator in my class,
But we're a mirror pair, me and you,
So let's apply forgetful functors to the past
And be a finite simple group, a finite simple group,
Let's be a finite simple group of order two
(Oughter: "Why not three?")


I've proved my proposition now, as you can see,
So let's both be associative and free
And by corollary, this shows you and I to be
Purely inseparable. Q. E. D.

kalau yang masih cupu dan masih level reading, ini sudah saya google terjemahkan. Tapi ya, agak aneh,,,


Finite Simple Group (ketertiban dua)
Sebuah Klein Empat asli oleh Matt Salomone

Jalan cinta tidak pernah mulus
Tapi tambang terus-menerus untuk Anda
Kau terikat atas dalam rantai hatiku
You're my Aksioma Choice, kau tahu itu benar

Tetapi akhir-akhir ini hubungan kita tidak begitu baik didefinisikan
Dan aku tidak bisa berfungsi tanpa Anda
Aku akan membuktikan proposisi saya dan saya yakin Anda akan menemukan
Kami terbatas kelompok sederhana memesan dua

Aku sedang kehilangan identitas
Aku mulai tensor setiap hari
Dan tanpa kehilangan umum
Aku akan menganggap bahwa Anda merasakan hal yang sama

Karena setiap kali aku melihatmu, anda hanya quotient keluar
Setia peta gambar yang saya ke
Tetapi ketika kita satu-ke-satu Anda akan melihat apa yang saya tentang
Karena kita terbatas kelompok sederhana memesan dua

Kesetaraan kami stabil,
Sebuah cinta utama duduk jauh di dalam bundel
Tapi kemudian Anda mengendarai baji antara dua bentuk
Sekarang semuanya begitu complexified


Ketika kami pertama kali bertemu, kami hanya terhubung
Hatiku terbuka tapi terlalu padat
Sistem kami telah diarahkan
Untuk memiliki batas terbatas, dalam arti tertentu

Aku hidup di dalam kernel dari peringkat-satu peta
Dari domain saya, citra tampak begitu biru,
Karena semua yang saya lihat adalah nol, itu jebakan kejam
Tapi kami yang terbatas kelompok sederhana memesan dua


Aku bukan operator halus di kelasku,
Tapi kami sepasang cermin, aku dan kau,
Jadi mari kita berlaku pelupa functors ke masa lalu
Dan kelompok sederhana yang terbatas, kelompok sederhana yang terbatas,
Mari kita menjadi terbatas kelompok sederhana memesan dua
(Oughter: "Mengapa tidak tiga?")

Aku sudah membuktikan proposisi saya sekarang, karena Anda dapat melihat,
Jadi mari kita berdua akan asosiatif dan bebas
Dan dengan wajar, ini menunjukkan Anda dan saya untuk
Murni tak terpisahkan. T. E. D.



ada beberapa bait yang saya suka, yaitu bagian (dalam bahasa inggris)
I'm losing my identity
I'm getting tensor every day
And without loss of generality
I will assume that you feel the same way
 dan yang bagian ini :
I've proved my proposition now, as you can see,
So let's both be associative and free
And by corollary, this shows you and I to be
Purely inseparable. Q. E. D.
Tapi, secara umum, saya ng-like this lagu ini. Kalau gak terlalu suka, wajar, soalnya istilah-istilahnya asing semua. Tapi, dengan sedikit mikir,ngakak juga...
Mungkin, ada suatu saat nanti, muncul The Klein Four dari Informatika ITB.

Saya juga sudah mencoba mencari lagu-lagu mereka di internet, tapi kok gak ada. Mungkin, kalau ada yang punya, minta dunk...

Untuk informasi lebih lanjut mengenai The Klein Four,bisa cek di sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar